Rabu, 31 Agustus 2016

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami - Tampil cantik merupakan idaman setiap wanita di seluruh dunia. Setiap detail yang ada pada tubuhnya tak pernah luput dari perhatian. Rambut ialah hal yang dianggap penting tidak hanya oleh wanita. Bagi wanita rambut adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Masalah yang dikeluhkan sebagian besar orang adalah kerontokan. Masalah ini cukup menyita perhatian khususnya para wanita, maka dari itu tidak heran banyak sekali produk-produk shampo yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok. Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Rambut rontok tidak hanya terjadi pada wanita tetapi juga dialami oleh kaum pria. Kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Namun bagi wanita hal tersebut dapat menjadi masalah yang cukup besar karena dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Agar hal itu tidak terjadi ada sebaiknya kita mengetahui lebih awal penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok tersebut.

Pola kerontokan rambut pada pria dikenal dalam dunia medis dengan ‘alopesia androgenetik’. Kerontokan ini terjadi karena akar rambut yang telalu peka terhadap salah satu jenis hormon testosteron yakni dihidrotestosteron (DHT). Tingginya DHT dalam tubuh mengakibatkan helai rambut menjadi tipis, sehingga sangat mudah rontok.

Kerontokan pada pria biasanya berpola sebagai berikut:
  • Garis rambut yang bergeser naik
  • Penipisan rambut di bagian ubun-ubun dan samping kepala

Sedangkan untuk pola kerontokan rambut pada wanita biasanya hanya akan menipis di bagian atas kepala saja. Penyebab rambut rontok pada wanita umumnya terkait dengan perubahan hormon seperti saat menopause, masa kehamilan, dan penggunaan alat kontrasepsi.



Rambut rontok atau alopecia dapat dialami oleh siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Umumnya masalah kerontokan akan muncul disaat kita memasuki usia 30-40 tahun. Namun, ada juga yang mengalami kerontokan sebelum memasuki usia tersebut.

Banyak sekali faktor penyebab rambut rontok, mulai dari perubahan hormon, kurangnya asupan nutrisi protein, trauma emosional, stres, dan kondisi medis lainnya. Sangat diperlukan pemeriksaan dokter untuk tau penyebab rambut rontok lebih pastinya.

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Beberapa bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok ini. Seperti yang Harian Sehat rangkum dari berbagai sumber informasi terpercaya, dibawah ini merupakan beberapa bahan alami yang mampu mengobati dan memperbaiki rambut rontok. Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Putih Telur
Penggunaan putih telur pada rambut juga bisa membantu dalam memelihara tekstur dan kelembutan rambut yang Anda miliki. Anda bisa memisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Setelah itu Anda bisa mengaduk-aduk putih telur hingga menjadi bentuk pasta. Lalu gunakan pada rambut Anda secara merata sehingga bisa memperlambat dan juga mengobati kerontokan pada rambut Anda.

2.) Tomat, Minyak Zaitun dan Lidah Buaya
Beberapa bahan alami juga bisa dicampurkan dan digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Pertama satu tomat bisa Anda hancurkan dan tambahkan satu sendok minyak zaitun. Lalu, panaskan campuran ini hingga menjadi terasa lebih hangat dan Anda bisa menggunakannya pada kulit kepala dengan cara dioleskan. Kemudian, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Selain itu Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti daging lidah buaya pada campuran ini , tentu saja jika Anda menginginkannya.

3.) Bawang Merah
Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah membuat jus bawang merah bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Selain itu, bawang merah memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menumpas kuman dan juga berbagai parasit lainnya selain itu bisa menyembuhkan kulit kepala yang bisa menyebabkan terjadinya kerontokan. Anda bisa menggunakan beberapa bawang merah yang diparut kemudian Anda saring. Setelah jadi, Anda bisa menggunakan jus ini pada kulit kepala kemudian biarkan hingga meresap pada rambut Anda sekitar sepuluh menit. Lalu setelah itu Anda bersihkan kepala dan rambut Anda dengan menggunakan air hangat.

4.) Teh hijau dan daun seledri
Teh hijau mengandung senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kepala. Sedangkan daun seledri, ia memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang terbukti dapat menguatkan rambut dari akarnya. Selain itu, dengan penggunaan rutin campuran teh hijau dan daun seledri juga efektif untuk mengkilaukan rambut.

5.) Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu bentuk produk olahan susu. Ia mengandung berbagai nutrisi penting untuk memelihara sistem pencernaan. Mulai dari serat, mineral alami, probiotik, asam folat, semuanya ada dalam yoghurt.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata kandungan nutrisi dalam yoghurt juga berkhasiat untuk mempekuat rambut, memperbaiki sel rusak, menutrisi dari dalam, dan menyuburkan rambut dari akarnya.

6.) Jahe
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut sehingga kerontokan pada rambut kepala bisa diatasi. Anda bisa membuat minyak untuk perawatan rambut dengan menggunakan jahe, caranya dengan memarut jahe dan tambahkan dengan minyak wijen lalu dicampur hingga merata. Setelah itu Anda bisa menggunakan minyak wijen ini pada kulit kepala Anda kemudian diamkan selama kurang lebih sepuuh menit dan setelah itu bersihkan hingga bersih.

7.) Protein
Protein merupakan salahsatu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Cara mengatasi rambut rontok secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup bisa meningkatkan pertumbuhan pada rambut dan dapat menghentikan kerontokan. Maka dari itu, Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya ikan atau bisa juga mengkonsumsi protein shake sehingga rambut Anda bisa bertumbuh menjadi lebih sehat dan lebih tebal.

8.) Pakai rempah jahe, bawang, dan nipis
Obat rambut rontok tradisional satu ini saya peroleh dari nenek. Beliau sering sekali menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah rambut seperti kerontokan rambut, membunuh kutu, membersihkan rambut, sampai dengan menghilangkan uban.

Setelah saya coba, ternyata ramuan ini khasiatnya memang sangat luar biasa. Hanya dalam kurun waktu 3 Minggu saja rambut sudah sehat dan lebat. Kamu bisa buktikan sendiri kalau tidak percaya!

9.) Masker alpukat dan kentang
Dulu saya pernah membahas cara membuat masker alpukat dan masker kentang. Kedua bahan alami ini diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut baru, menghitamkan rambut, menjaga kelembaban rambut, dan bahkan mampu mengkilaukan rambut kusam.

Sudah banyak sekali perusahaan yang mengekstrak alpukat dan kentang menjadi 
produk shampo ataupun penutrisi rambut. Gunakan kedua masker ini secara rutin setiap harinya setelah mandi keramas untuk hasil terbaik.

10.) Jangan Sisir Saat Basah
Anda harus mulai meninggalkan kebiasaan menyisir rambut ketika rambut Anda basah. Selain itu tidur dalam keadaan rambut yang basah juga bisa membuat rambut menjadi semakin rontok. Dalam keadaan rambut yang basah, resiko rambut patah semakin tinggi. Selain itu Anda bisa memilih sisir yang mempunyai gigi jarang agar kerontokan dan resiko rambut patah bisa lebih diminimalisir.

11.) Vitamin B12
Selain asupan protein, cara lain untuk mengatasi rambut rontok yaitu fengan mengkonsumsi vitamin B12. Banyak manfaat dari vitamin B12 ini beberapa diantaranya mampu menjaga sel-sel pada rambut dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah sehingga membantu dalam menyediakan oksigen dalam tubuh. Diantara sumber makanan yang memiliki vitamin B12 diantaranya daging, telur, susu, unggas dan jenis makanan lainnya.

Diatas merupakan Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional. Dengan adanya beberapa tips dan cara diatas rambut Anda diharapkan bisa dirawat lebih baik lagi sehingga kesehatan dan kekuatanya tetap terjaga.