Minggu, 21 Agustus 2016

Penyebab Penyakit Lupus Dan Ciri-cirinya

Penyebab penyakit lupus dan ciri-cirinya,- Penyakit lupus terjadi karena adanya peradangan kronis pada sistem kekebalan tubuh atau imun yang menyerang sel-sel jaringan tubuh dan organ sehat tubuh itu sendiri yang terjadi secara terus menerus. Peradangan kronis pada penyakit lupus ini bisa menyerang banyak sistem tubuh diantaranya: pada bagian kulit, sendi, ginjal, sel darah, otak, paru-paru dan juga jantung sehingga dapat menyebabkan banyak sekali gejala.

Namun tidak mudah untuk mendeteksi penyakit lupus karena penyakit ini hampir mirip dengan penyakit yang lainnya. Akan tetapi ada gejala dan tanda-tanda yang khas dari penyakit lupus ini yaitu bercak pada wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu.

Penyebab Penyakit Lupus Dan Ciri-cirinya

Penyakit lupus disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat yang terdapat dalam tubuh. Penyakit lupus bukanlah penyakit yang menular. Sampai saat ini penyakit ini masih menjadi perdebatan dikalangan medis.

Penyakit lupus ini kebanyakan diderita oleh kaum perempuan dengan rentang usia sampai dengan usia sekitar 50 tahun, meskipun demikian kaum pria juga ada yang menderita penyakit ini. Penyakit lupus ini diduga ada hubungannya dengan hormon esterogen yang terdapat dalam tubuh perempuan.

Ketika wanita sedang hamil ataupun setelah melahirkan gejala lupus juga sering ada, maka dari itu kewaspadaan dalam kesehatan tubuh saat kehamilan ataupun setelah kehamilan perlu ditingkatkan.

Penyebab Penyakit Lupus

  1. Obat-obatan
    Ada beberapa jenis obat yang mampu memicu penyakit lupus diantaranya obat anti kejang, antibiotik dan obat tekanan darah. Apabila ketika minum obat tersebut gejala lupusnya timbul, hal yang dapat anda lakukan adalah berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Dengan begitu penyakit lupus yang anda derita akan hilang.
  2.  Jenis kelamin
    Biasanya penyakit lupus diderita oleh kaum wanita. Namun ada juga pria yang menderita penyakit lupus jadi tetaplah hati-hati.
  3. Sinar matahari
    Paparan sinar matahari menjadi penyebab dari penyakit lupus sebab orang-orang yang rentan terhadap paparan sinar matahari dapat menimbulkan bercak pada kulit mereka yang merupakan gejala dari penyakit lupus.
  4. Terinfeksi virus Epstein-Barr
    Virus ini biasanya berada dalam sel imun namun tidak jelas apa yang menyebabkan virus menjadi aktif
  5. Terkena zat kimia
    Mereka yang bekerja rentan untuk terkena merkuri yang memiliki peningkatan risiko terkena penyakit lupus. Hal lain yang bisa menyebabkan terkena penyakit lupus yaitu merokok.
  6. Usia
    Penyakit lupus biasanya terjadi pada semua usia mulai dari bayi, anak dan juga orang dewasa.Akan tetapi dari hasil diagnose biasanya terjadi pada usia antara15 hingga 40 tahun.
  7. Obat tertentu
    Penyakit lupus bisa dipicu dari penggunaan obat jangka panjang seperti obat jantung dan obat tekanan darah.

Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Lupus

Ada beberapa tanda yang harus anda ketahui tentang penyakit ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Badan terasa demam
  • Merasakan Lelah
  • Luka yang timbul pada kulit akan semakin parah apabila terkena paparan sinar matahari
  • Berat badan turun
  • Bercak merah pada wajah yang menutupi bagian pipi dan hidung yang berbentuk seperti kupu-kupu
  • Kerontokan pada rambut
  • Peradangan yang terjadi pada mulut
  • Napas menjadi semakin pendek
  • Merasakan nyeri pada dada
  • Mudah memar
  • Mata menjadi kering
  • Mudah sekali gelisah
  • Hilang ingatan
  • Mengalami Depresi

Jenis-jenis penyakit lupus

  • Neonatal lupus
    Penyakit lupus ini tergolong penyakit lupus yang langka,biasanya penyakit ini juga bisa menyerang pada bayi yang baru saja lahir.Hal ini bisa terjadi sebab seorang ibu menularkan penyakit ini kepada bayinya.
  • Systemic lupus erythematosus
    Penyakit tersebut pada awalnya dapat menimbulkan efek pada bagian tubuh manapun. Sistem didalam tubuh yang sering terkena yaitu kulit, sendi, paru-paru, darah dan juga ginjal.
  • Discoid lupus erythematosus
    Penyakit lupus jenis ini berefek pada kulit tidak pada lainnya. Yang menderita lupus jenis ini ditandai dengan bercak pada wajah, kulit kepala dan leher. Meskipun sulit bagi kita untuk diprediksi namun siapa saja bisa mengalami penyakit yang lebih serius daripada penyakit ini.
  • Drug-induced lupus erythematosus
    lupus akibat konsumsi obat tertentu. Gejala dan tanda penyakit lupus satu ini akan hilang berhenti mengkonsumsi obat yang terindikasi sebagai penyebab penyakit lupus. Namun, konusmsi obat tertentu juga tidak menjamin seseorang terkena penyakit tersebut. Efek dari lupus drug-induced lebih kepada sistem kekebalan tubuh.
Penyakit lupus merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena terlalu berlebihnya kekebalan tubuh. Penyakit satu ini merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit mematikan. Lupus juga sejajar dengan penyakit kanker karena seseorang yang mengidap penyakit ini banyak yang meninggal dunia.

Penyakit lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan,sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Salah satu ciri-cirinya adalah apabila menyerang pada daerah dada maka akan timbul rasa sakit yang bisa menyebabkan seorang penderita mengalami kesulitan pada saat dia bernafas.

Para penderita penyakit ini awalnya hanya mengalami kelainan pada kulit, berupa kemerahan yang terdapat pada sekitar hidung dan pipinya.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda hindari apabila anda mengalami gejala penyakit lupus:
  1. Kurangilah asupan lemak agar penyerapan kalsium dapat berjalan dengan baik
  2. Hindarilah kontak langsung dengan sinar matahari sebab dapat menjadikan penyakit lupus semakin parah
  3. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi
  4. Minum lah minimal 8 gelas perhari
  5. Hindari radikal bebas
Ketika anda sudah terkena penyakit lupus segeralah untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.